5 Cara Untuk Mencegah Bau Kaki



5 Cara Untuk Mencegah Bau Kaki [ www.BlogApaAja.com ]

Akan sangat memalukan jika Anda melepas sepatu dan muncul bau yang tidak sedap dari kaki Anda. Bau kaki terjadi akibat pertumbuhan bakteri dan jamur pada kaki yang lembab karena keringat. Atasi bau kaki dengan beberapa langkah mudah.

Berikut 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bau kaki, seperti dilansir

Prevention, Selasa (10/7/2012) antara lain:

1. Jaga kaki tetap kering
Cara terbaik untuk mencegah kaki Anda mengeluarkan bau yang tidak sedap adalah menjaganya agar tetap kering. Setelah mandi, keringkan kaki Anda dengan handuk, terutama pada sela-sela jari kaki. Anda juga dapat menaburkan bedak anti jamur pada kaki agar tetap kering dan mencegah bau kaki akibat pertumbuhan jamur.

2. Pakailah kaus kaki
Kaus kaki bukan hanya sekedar kebutuhan fashion saja, tetapi fungsinya untuk menyerap keringat pada kaki. Jika Anda tidak menggunakan kaus kaki ketika memakai sepatu, keringat akan terjebak di antara jari kaki dan menyebabkan pertumbuhan jamur penyebab bau kaki.

Jika Anda tidak dapat mengenakan kaus kaki, gunakanlah antiperspirant di bawah kaki dan di antara jari-jari kaki sebelum Anda pergi beraktivitas di luar rumah. Tujuannya adalah mencegah tumbuhnya jamur karena kondisi kaki yang lembab akibat keringat.

3. Taburkan bedak pada sepatu Anda
Taburkan bedak tabur pada bagian dalam sepatu Anda sebelum dan setelah Anda memakainya. Sepatu yang disimpan dalam rak juga bersifat lembab, sehingga akan menyebabkan bau kaki jika Anda memakainya. Selain itu, rajinlah mencuci sepatu agar bakteri dan jamur tidak betah menghuni sepatu Anda yang bersih.

4. Rendam kaki dengan minuman beralkohol
Jika bau kaki tidak kunjung pergi, cobalah teknik merendam kaki ke dalam minuman keras. Prinsipnya sama seperti alkohol yang merupakan antiseptik dan pengeringan, sehingga dapat membasmi jamur dan bakteri penyebab bau kaki dan mengeringkan kelembaban yang memungkinkan organisme tersebut tumbuh kembali.

5. Konsultasi dengan dokter
Jika keringat di kaki Anda masih tetap tidak terandali dan bau kaki makin parah, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan Anda mengambil Drysol, yaitu resep anti-keringat dalam bentuk rol bola khusus yang diformulasikan untuk mengurangi jumlah keringat pada kaki Anda.

Follow On Twitter