3 Manfaat Nonton Tv Yang Tidak Diketahui



3 Manfaat Nonton Tv Yang Tidak Diketahui [ www.BlogApaAja.com ]

Sebagianorang berangapan bahwa sering menonto tv itu tidak baik untuk kesehatanbanyak penyakit yang bisa ditimbulkan akibat dari telelu lama menontonTV, namun dibalik itu semua noton TV juga masih memiliki manfaat yangbisa kamu rasakan dalam diri kamu sendiri nah kamu ingin tahu manfaatapa yang bisa kita dapat dari menonton tv, simak Manfaat Nonton TVYang Tidak Diketahui banyak orang berikut ini.

1. TV menambah willpower (kemauan atau motivasi diri) Anda

Menonton siaran ulang acara TV favorit akan membantu Anda "mengisiulang" persediaan motivasi Anda yang mulai berkurang. Hal ini diungkapsebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Social Psychological andPersonality Science.

Peneliti memperoleh kesimpulan tersebutsetelah meminta separuh partisipan mengisahkan acara TV favorit merekadalam sebuah tulisan, sedangkan sisanya diminta duduk di dalam sebuahruangan dan membuat daftar barang yang di kamar pribadi mereka.

Laluseluruh partisipan diminta mengerjakan sebuah tes yang hasil akhirnyamenunjukkan bahwa performa "kelompok TV" 30 persen lebih baik daripadakelompok lainnya. Hal ini menunjukkan munculnya aspek-aspekpengendalian diri (self-control) dan motivasi yang kuat."Studi-studisebelumnya juga menunjukkan bahwa setiap orang memiliki persediaanself-control dan motivasi diri yang terbatas.

Jadi ketika interaksisosial yang negatif menguras persediaan itu maka interaksi sosial yangpositif, bahkan dengan menggunakan karakter-karakter fiksi yang ada diacara TV sekalipun sudah dapat mengembalikan energi dan segala aspekyang hilang tadi," terang Jaye Derrick, PhD, ketua tim peneliti danseorang psikolog dari Buffalo, AS.

2. TV dapat menenangkan saraf Anda

Stres seharian di tempat kerja bisa diatasi dengan menonton programAnimal Planet atau National Geographic dari televisi.

Hal inididasarkan pada sebuah studi yang ditampilkan dalam Personality andSocial Psychology Bulletin dan menemukan bahwa menonton gambar-gambarpemandangan alam dapat mengembalikan energi, membahagiakan bahkanmengurangi stres Anda.Sebelumnya, peneliti meminta 370partisipan untuk menonton dua materi tayangan TV yang berbeda.

Yangsatu materi tayangannya berisi pemandangan gedung-gedung, jalanan danciri khas kota lainnya, sedangkan sebagian lagi menonton gambar danau,pemandangan alam dan padang pasir. Kemudian seluruh partisipan dimintamengisi kuesioner untuk mengukur kondisi perasaannya.Ternyatapartisipan yang terpapar tayangan berbau alam memperoleh skor tertinggisehingga peneliti menyimpulkan bahwa paparan tayangan alam yang indah,bahkan di layar kaca sekalipun dapat membuat pemirsanya menjadi tenang.

3. TV meningkatkan kreativitas Anda

Butuh inspirasi atau cara baru untuk meningkatkan kreativitas? Cobalahbekerja atau mengerjakan sesuatu dengan dilatarbelakangi suara TV.Pasalnya menurut sebuah studi, latar belakang suara TV yang dikatakanambient ini benar-benar mampu meningkatkan kreativitas AndaPenelitistudi yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research inimeminta sejumlah mahasiswa untuk menyelesaikan serangkaian teskreativitas dengan dilatarbelakangi suara ambient berkadar rendah,sedang dan tinggi.

Ternyata partisipan bisa memperoleh skor 35 persenlebih tinggi ketika menggunakan suara ambient sedang."Suaraambient hanya memberikan sedikit gangguan pada kemampuan otak untukmemproses informasi, bahkan gangguan itu justru menyebabkan otakbekerja pada tingkatan yang lebih tinggi dan lebih luas, yang padaakhirnya meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir secarakreatif," papar Ravi Mehta, PhD, ketua tim peneliti.Wlaupun nonton tv ada manfaat yang bisa kita ambil namun terlau sering menonton tv juga akan tidak baik untuk kesehatan kamu.


Follow On Twitter