Papertab - Prototipe Tablet Berbentuk Kertas Tampil Di Ces 2013





Pada perhelatan CES 2013 terdapat sesuatu yang menarik yaitu dengan didemokannyasebuah perangkat kertas elektronik yang memiliki fungsi seperti tablet biasa. Perangkat ini diberi nama dengan"Papertabs", hasil kerja sama antaraIntel denganUniversitas Queen di Kanada dan perusahaan Plastic Logic.

PaperTab menggunakan teknologi transistor plastik yang dikembangkan Plastic Logic dan digunakan pada Plastic Logic Reader dan QUE ProReader. Berukuran 10,7 inci dan menggunakan layar sentuh high-resolution E-ink yang fleksibel, anti pecah dan terlihat benar-benar seperti kertas. Di bagian dalamnya telahdidukung oleh Prosesor Intel generasi kedua Core i5.



Saat digunakan membaca ebook, pengguna hanya tinggal menekuk layarnya yang lentur. Saat akan mengirimkan foto, cukup hanya menekan salah satu Papertabs yang menunjukkan draft email dan Papertab lain yang menunjukkan foto. Jika pengguna ingin memperbesar layar, cukup meletakkan 2 buah paperTab secara berdampingan dan keduanya seolah akan bergabung menjadi 1 layar.

"Dalam waktu lima sampai sepuluh tahun, kebanyakan komputer, dari ultrabook, notebook sampai tablet, akan terlihat dan terasa seperti lembar kertas warna seperti ini," ujar Ryan Brotman, Research Scientist di Intel.

Masih belum bisa diketahui secara pasti mengenai kapan gadgetPapertabsini akan mulai tersedia di pasaran untuk publik.

Follow On Twitter